Assalamualaikum..

Kamis, 27 Januari 2011

Soal dan pembahasan "Hukum Dasar/Stoikiometri"


Hukum Dasar

1. Serbuk kalsium sejumlah 20 gram (Ar Ca = 40) direaksikan dengan 20 gram belerang (Ar S = 32) sesuai dengan persamaan reaksi Ca + S CaS. Zat apakah yang tersisa setelah reaksi selesai?Berapa massa zat yang tersisa setelah reaksi selesai?
  Penyelesaian :
Perbandingan mol Ca terhadap S adalah 1 : 1. Hal ini berarti, setiap 40 gram Ca tepat    bereaksi dengan 32 gram S membentuk 72 gram CaS. Perbandingan massa Ca terhadap S adalah 40 : 32 = 5 : 4. http://byulteens.blogspot.com/
Jika 20 gram S tepat habis bereaksi, dibutuhkan (5/4) x 20 = 25 gram Ca, untuk membentuk 45 gram CaS. Sayangnya, jumlah Ca yang disediakan tidak mencukupi.
Oleh karena itu, 20 gram Ca akan tepat habis bereaksi. Massa S yang diperlukan sebesar (4/5) x 20 gram = 16 gram. Dengan demikian, zat yang tersisa adalah belerang (S). Massa belerang yang tersisa adalah 20-16=4 gram.

2. Gas A2 sebanyak 10 mL tepat habis bereaksi dengan 15 mL gas B2 membentuk 10 mL gas AxBy pada suhu dan tekanan yang sama. Berapakah nilai x dan y?
Penyelesaian :
Perbandingan volume gas A2 terhadap gas B2 dan gas AxBy adalah 10 mL : 15 mL : 10 mL = 2 : 3 : 2. Perbandingan volume gas sama dengan perbandingan koefisien reaksinya. Dengan demikian, persamaan reaksi menjadi :
2 A2(g) +  3 B2(g) 2 AxBy
Nilai x = 2 dan nilai y = 3.
3. Gas amonia dapat dibuat dengan mereaksikan 100 mL gas nitrogen dan 150 mL gas hidrogen dengan reaksi N2(g) +  3 H2(g)   2 NH3(g). Hitunglah volume gas amonia yang dihasilkan pada akhir reaksi!
Penyelesaian :
Perbandingan volume gas N2 terhadap gas H2 dan NH3 sama dengan perbandingan koefisien reaksinya, yaitu 1 : 3 : 2.
Jika 100 ml gas N2 tepat habis bereaksi, dibutuhkan 300 mL gas H2. Sayangnya, jumlah gas H2 yang disediakan tidak mencukupi.
Dengan demikian, 150 mL H2 lah yang tepat habis bereaksi. Volume gas N2 yang dibutuhkan sebesar (1/3) x 150 mL = 50 mL. Setelah reaksi selesai, masih tersisa 50 mL gas N2. Volume gas NH3 yang dihasilkan adalah sebesar (2/3) x 150 mL = 100 mL.

4. Pada suhu dan tekanan tertentu, sebanyak 0,5 L gas hidrogen (Ar H = 1) memiliki massa sebesar 0,05 gram. Berapakah volume gas oksigen yang dapat dihasilkan jika sebanyak 12,25 gram padatan KClO3 dipanaskan? (Mr KClO3 = 122,5)
Penyelesaian :
mol H2 =  gram / Mr  =  0,05 / 2  =  0,025 mol
Persamaan reaksi pemanasan KClO3 adalah sebagai berikut :
KClO3(s)   KCl(s) +  3/2 O2(g)
mol KClO3 = gram / Mr  = 12,25 / 122,5 = 0,1 mol
Dengan demikian, mol O2 = (3/2) x 0,1 mol = 0,15 mol
Pada suhu dan tekanan yang sama, Hukum Avogadro berlaku pada sistem gas. Perbandingan mol gas sama dengan perbandingan volume gas. Dengan demikian :
mol H2 :  mol O2 =  volume H2 :  volume O­2
0,025 : 0,15 =  0,5 : volume O2
Volume O2 = ( 0,15 x 0,5) / 0,025  =  3 L
http://byulteens.blogspot.com/

5. Suatu campuran gas terdiri atas 2 mol gas N2O3 dan 4 mol gas NO. Jika campuran gas ini terurai sempurna menjadi gas nitrogen dan gas oksigen, berapakah perbandingan volume gas nitrogen terhadap gas hidrogen dalam campuran tersebut?
Penyelesaian :
Persamaan reaksi penguraian masing-masing gas adalah sebagai berikut :
N2O3(g)   N2(g) +  3/2 O2(g)
NO(g)   ½ N2(g) +  ½ O2(g)
Sebanyak 2 mol gas N2O3 akan terurai dan menghasilkan 2 mol gas N2 dan 3 mol gas O2. Sementara itu, sebanyak 4 mol gas NO akan terurai dan menghasilkan 2 mol gas N2 dan 2 mol gas O2.
Dengan demikian, mol total gas N2 yang terbentuk adalah 2 + 2 = 4 mol N2. Mol total gas O2 yang terbentuk adalah 3 + 2 = 5 mol O2. Perbandingan mol gas sama dengan perbandingan volume gas. Jadi, perbandingan volume gas nitrogen terhadap gas hidrogen dalam campuran tersebut adalah 4 : 5.

6. Hitunglah massa dari 10 liter gas nitrogen (N2 ) jika pada kondisi tersebut 1 liter gas hidrogen (H2 ) massanya 0.1 g.
Diketahui: Ar untuk H = 1 dan N = 14
Jawab:
V1/V2 = n1/n2
10/1 = (x/28) / (0.1/2)
x = 14 gram

7. Berapa volume 8.5 gram amoniak (NH3) pada suhu 27o C dan tekanan 1 atm ?
(Ar: H = 1 ; N = 14)
Jawab:
85 g amoniak = 17 mol = 0.5 mol
Volume amoniak (STP) = 0.5 x 22.4 = 11.2 liter
Berdasarkan persamaan Boyle-Gay Lussac:
P1 . V1 / T1 = P2 2 . V2 / T2
1 x 112.1 / 273 = 1 x V2 / (273 + 27)
V2 = 12.31 liter
8. Berapa tekanan dari 0 5 mol O2 dengan volume 10 liter jika pada temperatur tersebut 0.5 mol NH3 mempunyai volume 5 liter den tekanan 2 atmosfir ?
P1 V1 = P2 V2
2.5 = P2 . 10 /  P2 = 1 atmosfir

http://byulteens.blogspot.com/

12 komentar:

Anonim mengatakan...

pada reaksi 4 gram magnesium dengan 10 gram asam klorida dilakukan dalam wadah tertutup menurut persamaan reaksi:
Mg(s) + 2HCl(aq ---> MgCl2(aq)+H2(g)

yang ditanya; jumlah massa zat yang dihasilkan...

a. 14 gr
b. lbh bsar dr 14 gr
c. lbih kcil dri 14 gr
d. tepat sama dgn 12 gr
e. lbh kcil dri 12 gr

IqbalRachman mengatakan...

soal yang bagus n menarik u/ reff
thx :)

Byul Teens mengatakan...

Mg(s) + 2HCl(aq ---> MgCl2(aq)+ H2(g)

*massa Mg = 4 gr
*massa HCl = 10 gr
*Ar Mg = 24,3
*Mr HCl = 1+35,5=36,5

*mol Mg = gr/Mr = 4/24,3 = 0.16 mol
*mol HCl = gr/Mr = 10/36,5= 0,27 mol

Mg(s) + 2HCl(aq) ---> MgCl2(aq)+ H2(g)
M 0.16 0,137
R 0,137 0,137 0,137 0,137
S 0,023 0

massa MgCl2 =mol x Mr = 0,137 x 95,2 = 13,043 gr
massa H2 = mol x Mr = 0,137 x 2 = 0,274 gr

Massa yg dihasilkan = MgCl2 + H2
= 13,043 + 0,274
= 13,317 gr (C)
lebih kecil dari 14 gr

NB : maaf, kenapa pilihan jawabannya kok bedanya tipis banget? jadi sulit milih yang mana

Semoga jawabannya benar. hehehhehe.... :D

Byul Teens mengatakan...

@iqbalRachman : Makasi ya... semoga bermanfaat!

escube mengatakan...

Sebenernya bisa lebih singkat dengan menjumlahkan 4gr + 10 gr krn masa sebelum dan sesudah reaksi sama.

Byul Teens mengatakan...

@escube : Oh ya, iya... hehhe... nggak nyadar kalau massanya sama. ^^. makasih ya.

tapi kok kalau pake cara panjang, kok nggak pas 14 hasilnya?? tapi malah 13,3??

Tlg jelasin ya, soalnya baru belajar bab ini di sekolah. makasih...

Al-ghumaisha mengatakan...

makasihh bgt... mbantu bgt nih contoh soalnyaa...

Satriani D. Pertiwi mengatakan...

@Al-ghumaisha : iya sama2 :). Alhamdulillah...

daniel mengatakan...

gg enek

Anonim mengatakan...

makasih , gan
kunjungi blog saya juga ya tapi maaf baru coba coba buat blog..
waton-nuliss.blogspot.com

Satriani D. Pertiwi mengatakan...

@anonim iya sama2... iya gpp ini aku juga masih beajar ngeblog... hehehehee

Satriani D. Pertiwi mengatakan...

@daniel: gak enek apanya bro??

Poskan Komentar

Share it !!!